The Enduring Authority of the Christian Scriptures

Harus diakui bahwa di tahun 2016 ini ada banyak buku teologi yang bagus diterbitkan, dan beberapa di antaranya sangat menggoda iman saya (hanya sayangnya, dompet saya tak kuat menjangkau mereka semua hehehe). Nah di antara beberapa karya itu, ada satu yang sangat menarik perhatian saya, yakni sebuah antologi yang diedit oleh D. A. Carson, yang berjudul The Enduring Authority of the Christian Scripture. Sejujurnya, karya akademis yang di sampulnya terdapat nama Don Carson, selalu terlihat sangat menggiurkan buat saya hehehe.

carsonBuku ini nampaknya melengkapi dua publikasi yang telah disunting Carson (dengan John Woodbridge) tigapuluhan tahun lalu, yakni Scripture and Truth dan Hermeneutics, Authority, and Canon. Bedanya bila di dalam dua publikasi itu Carson juga menyumbang tulisan untuk bab inti, di dalam buku ini ia tidak berkontribusi dalam bab inti. Selain Carson, ada tiga puluh enam penulis lain yang berkontribusi dalam buku ini. Banyak di antaranya merupakan pemikir-pemikir besar dari kalangan Injili (semisal Charles Hill, John Woodbridge, Peter Williams, Simon Gathercole, Bruce Waltke, Douglas Moo, Craig Blomberg, Kevin Vanhoozer, dan sebagainya). Tiga puluh tujuh penulis ini menulis tiga puluh enam bab yang menyusun keseluruhan buku ini. Tiga puluh tiga bab inti mencoba menyoroti otoritas Alkitab dari perspektif sejarah (bab 2 -10), biblikal dan teologis (bab 11-24), filosofis dan epistemologis (bab 25-30), serta perbandingan agama (bab 31-34). Sementara tiga bab sisanya ialah pengantar (oleh Carson), pembacaan holistik (oleh Dan Doriani), dan ringkasan FAQs (kembali oleh Carson).

Harga buku ini sebenarnya terbilang mahal (pake banget) buat saya. Buku setebal 1240 halaman ini dibanderol dengan harga US $ 45.66 di Amazon dan IDR 990.521 di Book Depository. Akibatnya, saya harus menahan diri dulu untuk membelinya. Tetapi, di luar dugaan saya, pertengahan bulan Oktober lalu, Tuhan menghadiahi saya buku ini (dan satu buku lagi, tulisan Eugene Peterson) lewat seorang malaikat tak bersayap hehehe. Nah, sebagai ‘balas budi,’ dalam waktu-waktu ke depan, saya akan mencoba memberikan review untuk tiap babnya. Perjalanan ini tentu akan menjadi perjalanan panjang. Mengingat kesibukan saya, saya juga tidak tahu apakah bisa memberi review untuk seluruh bab. Meski demikian, saya akan berusaha seoptimal mungkin untuk berbagi review buku ini. Di satu sisi harapan pemberi buku ini untuk saya menjadi pendorong saya berbagi resensi, dan di sisi lain, harapan itu juga menjadi harapan saya untuk temans yang akan mengarungi perjalanan panjang ini bersama dengan saya: May you stand tall under the authority of the Bible. Blessings!

Leave a Reply

